Kalau ada orang bilang “Apalah arti sebuah Nama”
seolah-olah nama merupakan sesuatu yang bersifat simbol semata. Begitu pula
dengan sebuah produk, Merek merupakan nama untuk sebuah produk. Dari
segi pengertian merek merupakan identifikasi dari sebuah barang atau
jasa yang dijual atau diproduksi oleh orang atau kelompok tertentu. Dengan
demikian dapat dibedakan kualitas, jenis dan identitas lain masing-masing
produk. Sebagian Kelompok Usaha Kecil menganggap bahwa merek hanya perlu untuk
produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan besar saja, sedang untuk kelompok
Usaha Kecil tidaklah penting sebuah merek. Selain itu ada kekhawatiran dengan
menggunakan merek tertentu akan menyebabkan pengeluaran untuk pajak membengkak.
Pemikiran-pemikiran semacam ini semestinya perlu ditinjau ulang, karena dengan
menciptakan sebuah merek untuk produknya akan menjadi kunci sukses
bisnis usaha kecil dalam memasarkan hasil-hasil produksinya.
Kondisi selama ini konsen pemerintah maupun pihak usaha kecil dan menengah sendiri masih berkutat pada masalah permodalan. Pendampingan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam hal upaya pembuatan merek sebuah produk masih dirasa kurang. Pengusaha Usaha Kecil dari luar negeri yang masuk ke Indonesia umumnya sudah memiliki merek yang cukup kuat, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Pada saat ini kalangan Usaha Kecil Dan menengah sudah banyak dikelola oleh kelompok masyarakat terdidik dengan kesadaran membangun merek dan image produk yang baik. Kelompok terdidik ini umumnya yang tidak terserap bekerja pada industri besar yang kemudian berwiraswasta atau memang memiliki jiwa enterpreneur. Dengan demikian persaingan usaha kecil dan menengah tidak lagi berada pada lingkup sempit dan produk yang terbatas, tetapi sudah bersaing pada level kualitas dan image produk. Disinilah sesungguhnya merek memegang peran yang sangat strategis untuk mendiferensiasikan produk dengan pesaing.
Kondisi selama ini konsen pemerintah maupun pihak usaha kecil dan menengah sendiri masih berkutat pada masalah permodalan. Pendampingan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam hal upaya pembuatan merek sebuah produk masih dirasa kurang. Pengusaha Usaha Kecil dari luar negeri yang masuk ke Indonesia umumnya sudah memiliki merek yang cukup kuat, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Pada saat ini kalangan Usaha Kecil Dan menengah sudah banyak dikelola oleh kelompok masyarakat terdidik dengan kesadaran membangun merek dan image produk yang baik. Kelompok terdidik ini umumnya yang tidak terserap bekerja pada industri besar yang kemudian berwiraswasta atau memang memiliki jiwa enterpreneur. Dengan demikian persaingan usaha kecil dan menengah tidak lagi berada pada lingkup sempit dan produk yang terbatas, tetapi sudah bersaing pada level kualitas dan image produk. Disinilah sesungguhnya merek memegang peran yang sangat strategis untuk mendiferensiasikan produk dengan pesaing.
Pentingnya
Sebuah Merek
Selain alasan di atas ada beberapa alasan
mengapa sebuah merek untuk produk sangat penting bagi kesuksesan bisnis
usaha kecil dan juga usaha bisnis skala besar.
- Merek membedakan produk dengan produk pesaing. Merek akan memberikan identifikasi bahwasebuah berbeda dengan produk lainnya .Identifikasi produk juga bermanfaat dalam hal iklan dan promosi.
- Menambah nilai produk , Konsumen melihat merek sebagai sebuah tolok ukur dan menambah nilai sebuah produk.
- Merek bisa menambah image sebuah produk. Konsumen juga cenderung memilih produk yang bermerek karena lebih bisa dipercaya, asal-usul produk bisa diusut.
- Kebutuhan untuk mengelola merek akan lebih dirasakan oleh pengusaha Usaha Kecil yang akan membuka cabang.
- Merek membedakan produk dengan produk pesaing. Merek akan memberikan identifikasi bahwasebuah berbeda dengan produk lainnya .Identifikasi produk juga bermanfaat dalam hal iklan dan promosi.
- Menambah nilai produk , Konsumen melihat merek sebagai sebuah tolok ukur dan menambah nilai sebuah produk.
- Merek bisa menambah image sebuah produk. Konsumen juga cenderung memilih produk yang bermerek karena lebih bisa dipercaya, asal-usul produk bisa diusut.
- Kebutuhan untuk mengelola merek akan lebih dirasakan oleh pengusaha Usaha Kecil yang akan membuka cabang.
Menimbang beberapa manfaat tersebut,
salah satu kiat sukses membangun bisnis adalah dengan mengelola merek untuk
produk-produk yang kita miliki. Produk yang beik akan lebih mudah dikenal jika
memiliki merek tertentu.
MEMBANGUN SUKSES BISNIS — Kalau ada orang bilang “Apalah
arti sebuah Nama” seolah-olah nama merupakan sesuatu yang bersifat
simbol semata. Begitu pula dengan sebuah produk, Merek merupakan nama
untuk sebuah produk. Dari segi pengertian merek
merupakan identifikasi dari sebuah barang atau jasa yang dijual atau
diproduksi oleh orang atau kelompok tertentu. Dengan demikian dapat
dibedakan kualitas, jenis dan identitas lain masing-masing produk. Sebagian
Kelompok Usaha Kecil menganggap bahwa merek hanya perlu untuk produk-produk
yang dimiliki oleh perusahaan besar saja, sedang untuk kelompok Usaha Kecil
tidaklah penting sebuah merek. Selain itu ada kekhawatiran dengan menggunakan
merek tertentu akan menyebabkan pengeluaran untuk pajak membengkak.
Pemikiran-pemikiran semacam ini semestinya perlu ditinjau ulang, karena dengan
menciptakan sebuah merek untuk produknya akan menjadi kunci
sukses bisnis usaha kecil dalam memasarkan hasil-hasil
produksinya.
Kondisi selama ini konsen pemerintah maupun pihak usaha kecil dan menengah sendiri masih berkutat pada masalah permodalan. Pendampingan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam hal upaya pembuatan merek sebuah produk masih dirasa kurang. Pengusaha Usaha Kecil dari luar negeri yang masuk ke Indonesia umumnya sudah memiliki merek yang cukup kuat, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Pada saat ini kalangan Usaha Kecil Dan menengah sudah banyak dikelola oleh kelompok masyarakat terdidik dengan kesadaran membangun merek dan image produk yang baik. Kelompok terdidik ini umumnya yang tidak terserap bekerja pada industri besar yang kemudian berwiraswasta atau memang memiliki jiwa enterpreneur. Dengan demikian persaingan usaha kecil dan menengah tidak lagi berada pada lingkup sempit dan produk yang terbatas, tetapi sudah bersaing pada level kualitas dan image produk. Disinilah sesungguhnya merek memegang peran yang sangat strategis untuk mendiferensiasikan produk dengan pesaing.
Kondisi selama ini konsen pemerintah maupun pihak usaha kecil dan menengah sendiri masih berkutat pada masalah permodalan. Pendampingan dan pengembangan Usaha Kecil dan Menengah dalam hal upaya pembuatan merek sebuah produk masih dirasa kurang. Pengusaha Usaha Kecil dari luar negeri yang masuk ke Indonesia umumnya sudah memiliki merek yang cukup kuat, sehingga mampu bersaing di pasar yang lebih luas. Pada saat ini kalangan Usaha Kecil Dan menengah sudah banyak dikelola oleh kelompok masyarakat terdidik dengan kesadaran membangun merek dan image produk yang baik. Kelompok terdidik ini umumnya yang tidak terserap bekerja pada industri besar yang kemudian berwiraswasta atau memang memiliki jiwa enterpreneur. Dengan demikian persaingan usaha kecil dan menengah tidak lagi berada pada lingkup sempit dan produk yang terbatas, tetapi sudah bersaing pada level kualitas dan image produk. Disinilah sesungguhnya merek memegang peran yang sangat strategis untuk mendiferensiasikan produk dengan pesaing.
Pentingnya Sebuah Merek
Selain alasan di atas ada beberapa alasan mengapa sebuah merek
untuk produk sangat penting bagi kesuksesan bisnis usaha kecil dan
juga usaha bisnis skala besar.
- Merek membedakan produk dengan produk pesaing. Merek akan memberikan identifikasi bahwasebuah berbeda dengan produk lainnya .Identifikasi produk juga bermanfaat dalam hal iklan dan promosi.
- Menambah nilai produk , Konsumen melihat merek sebagai sebuah tolok ukur dan menambah nilai sebuah produk.
- Merek bisa menambah image sebuah produk. Konsumen juga cenderung memilih produk yang bermerek karena lebih bisa dipercaya, asal-usul produk bisa diusut.
- Kebutuhan untuk mengelola merek akan lebih dirasakan oleh pengusaha Usaha Kecil yang akan membuka cabang.
- Merek membedakan produk dengan produk pesaing. Merek akan memberikan identifikasi bahwasebuah berbeda dengan produk lainnya .Identifikasi produk juga bermanfaat dalam hal iklan dan promosi.
- Menambah nilai produk , Konsumen melihat merek sebagai sebuah tolok ukur dan menambah nilai sebuah produk.
- Merek bisa menambah image sebuah produk. Konsumen juga cenderung memilih produk yang bermerek karena lebih bisa dipercaya, asal-usul produk bisa diusut.
- Kebutuhan untuk mengelola merek akan lebih dirasakan oleh pengusaha Usaha Kecil yang akan membuka cabang.
Menimbang beberapa manfaat tersebut, salah satu kiat sukses membangun bisnis
adalah dengan mengelola merek untuk produk-produk yang kita miliki. Produk yang
beik akan lebih mudah dikenal jika memiliki merek tertentu.